International NLP Practicioner Certification.

Deskripsi Program

Program ini adalah program sertifikasi resmi praktisi Neuro Linguistic Programming (NLP) dari NFNLP Florida USA. Setelah mengikuti sertifikasi ini, peserta berhak memperoleh gelar non akademik CNLP (Certified Neuro Linguistic Programming Practitioner) resmi dari NFNLP USA dan HRNLP Indonesia.

 

NLP (neuro-linguistic programming) adalah salah satu teknologi pemberdayaan diri dengan teknik-teknik praktis, sederhana yang sangat efektif dan elegan sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang baik professional, personal dan sosial.

 

Metode NLP dapat diaplikasikan untuk  professional, eksekutif, trainer, dosen, guru, psikolog, dokter, perawat, terapis, konsultan, HRD, Personalia, businessman dan siapa saja yang ingin mengaplikasikan teknologi pemberdayaan dan optimalisasi pikiran bawah sadar untuk pengembangan diri, pencapaian prestasi, pengelolaan bisnis, kesehatan fisik dan mental, pendidikan, dan peningkatan kualitas hidup di semua bidang lainnya

Manfaat Pelatihan

  • Memahami tentang cara kerja pikiran dan mind set
  • Memahami pola komunikasi pikiran sadar dan bawah sadar serta aplikasinya dalam public speaking.
  • Mampu mengolah dan memprogram pikiran diri sendiri dan orang lain secara positif
  • Mampu menghilangkan penyakit mental (mental block) yang menghambat kinerja dan produktifitas team.
  • Mampu selalu menampilkan kemampuan terbaik setiap saat dalam berbagai situasi
  • Mampu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan dan perilaku negatif
  • Mampu membentuk kebiasaan-kebiasaan positif
  • Mampu melakukan komunikasi dan hubungan interpersonal yang elegan
  • Mampu menghilangkan gejala-gejala penyakit simptomatik
  • Mampu mengubah memory yang mengganggu menjadi sumber motivasi.
  • Mampu mengatasi kondisi negatif akibat pengalaman traumatik
  • Mampu menghilangkan fobia dan gangguan mental lainnya
  • Mampu menggunakan teknik-teknik NLP untuk Public Speaking, Trainer, Personal Excellence, Competence Enhancement, dll

 

silabus.

Presuposisi  NLP. 

Filosopi, Pola pikir dan berperilaku para praktisi NLP dalam merespon  setiap peristiwa yang terjadi. Presupposition of NLP adalah basis atau elemen dasar dari semua prinsip dan teknik di NLP.

Cara kerja pikiran dan mindset.

Mengenal Konsep pikiran sadar dan bawah sadar, bagaimana mengelolanya untuk meningkatkan kinerja dan produktifitas.

 

Well-formed Outcome

Teknik membuat goal yang memotivasi dan dapat dicapai. Bagaimana langkah-langkah untuk mencapai sebuah sasaran dan dapat diaplikasikan untuk pesonal, tim, perusahaan, bisnis dan sosial.

Rapport (Membangun Jembatan Komunikasi).

Cara membangun ‘trust’, jembatan komunikasi dan hubungan harmonis dengan cepat melalui pacing-leading, matching-mirroring. Bisa dipakai dalam konteks komunikasi, hubungan interpersonal, coaching, training, konseling, terapi, selling, negosiasi.

Sistem Representasional & Submodality.

Struktur berpikir dan bagaimana pikiran diproses melalui panca indera, bagaimana mentransformasi fikiran untuk mendapatkan pikiran, perasaan, dan perilaku yang bermanfaat.  Bagaimana mengelola berbagai bayangan, suara, dan perasaan yang muncul dalam pikiran dan perasaan, sehingga dapat mengelola pikiran, cerdas emosi, manajemen motivasi, manajemen stress  dan emosi negatif, mood, dll.

Meta Model

Meta Model adalahi teknik berkomunikasi untuk mengklarifikasi, dan membuka batasan. Tehnik ini dipakai untuk menggali informasi dan membuka limiting belief. Bermanfaat sekali untuk mencegah miskomunikasi, menangani keluhan, complain, mencari kebutuhan pelanggan, stakeholder, dll.

 

 

Milton Model.

Milton model adalah tehnik komunikasi dengan pola generalisasi untuk manajemen konflik, melakukan persuasi, negosiasi sehingga memperoleh hasil win win solution.

Framing dan Reframing.

Strategi membingkai ulang serta bagaimana memberi makna positif pada setiap masalah, menjadikan masalah sebagai kesempatan untuk maju sehingga bisa memanajemen emosi, stress, pikiran dan perasaan serta membentuk mood yang lebih baik di semua situasi.

Meta Program.

Bagaimana mengetahui pola motivasi dari pola bahasa dan perilaku seseorang. Bisa dipakai dalam berbagai konteks komunikasi, hubungan interpersonal, seperti dalam selling, training, coaching serta dalam konteks kepemimpinan, manajemen, assessment bidang SDM.

NLP Communication Model.

Bahaimana Proses fikiran menerima informasi serta filter pikiran dalam menerima informasi berupa deletion, distortion, generalization, yang membentuk persepsi, state, serta bagaimana aplikasinya untuk mengelola Attitude.

Strategy.

Struktur atau tahapan-tahapan pikiran dan perilaku seseorang dapat diidentifikasi dan ditransformasi. Dengan mengetahui strategi, kita dapat memodel pola sukses seeorang, mengetahui pola beli pelanggan hingga dapat meningkatkan penjualan serta pola pikir rekan bicara kita hingga lebih mudah dalam melakukan persuasi dan negosiasi.

Anchor.

Bagiamana mengelola situasi pikiran dan perasaan hingga dapat memicu perilaku positif secara instan. Sangat bermanfaat untuk membuat tombol motivasi, percaya diri, dan berbagai perilaku positif lainnya. Sliding Anchor untuk menaikan intensitas perasaan positif dan Collapsing Anchor untuk mengatasi kejadian masa lalu yang menganggu.

Belief Transformation.

Teknik merubah belief dengan cepat dan praktis. Bisa membantu memberikan motivasi, mengatasi keraguan, kecemasan, dll.

New Behavior Generator.

Teknik untuk melakukan perubahan perilaku secara cepat dan mudah, hanya dengan menggunakan pola sederhana dan sangat  untuk memodel perilaku positif orang sukses.

Phobia Cure.

Sebuah teknik yang membantu meminimalkan dan memusnahkan fobia, trauma, dan berbagai ganjalan emosi negatif dengan sangat cepat. Bermanfaat untuk merubah berbagai perasaan atau memori tidak bermanfaat secara cepat dan efektif.

 

SWISH.

Sebuah teknik cepat untuk membantu mengatasi impuls, emosi sesaat, keraguan, ketakutan, nafsu, dan lain-lain.  Bisa membantu mengatasi ledakan amarah, kecanduan makanan, rokok, kompulsi serta masalah psikis lainnya.

Time Line.

Teknik mendapatkan dan menempatkan posisi sebuah titik atau bagian pemikiran atau perasaan seseorang ke dalam garis waktu, masa lalu, sekarang atau masa depan. Bermanfaat untuk mengelola pikiran, perasaan, perilaku, termasuk menangani ‘masalah emosi’ masa lalu.

Parts Negotiation.

Teknik untuk mendamaikan konflik internal dan mencapai kongruensi internal.  Bisa dipergunakan untuk merubah perilaku, membuat keputusan yang dilematis, mencari solusi internal, menyelesaikan berbagai perilaku, perasaan yang tidak dipahami dalam diri.

Perceptual Position.

Teknik sederhana dan cepat untuk mengatasi konflik interpersonal, membantu melihat masalah, perbedaan pendapat dari berbagai sudut pandang. Bermanfaat untuk meminimalkan perasaan dan emosi negatif selama berkomunikasi dan berinteraksi. Sangat baik untuk konteks layanan pelanggan, proses training, coaching serta berbagai hubungan sosial, personal dan profesional.

 

Visual Squash.

Teknik cepat untuk mengatasi keraguan, meningkatkan kemampuan decision making sehingga dapat  membuat keputusan cepat dan optimal.

Personal History Change.

Teknik mengubah perasaan, dan perilaku melalui rekayasa pola pikir kita dalam merespon peristiwa, pengalaman masa lalu. Bermanfaat untuk membuat diri lebih percaya diri dan maju menyonsong target atau tujuan dengan lebih optimis tanpa terhalang masa lalu.

Metode Pelatihan

  • Pemutaran video.
  • Diskusi &Tanya Jawab.
  • Role play & Simulasi aplikasi NLP
  • Studi Kasus